Cara Mudah Membuat Subdomain di CPANEL

Pada kesempatan kali ini kami akan membuat Tutorial Cara menambahkan subdomain melalui cPanel, Tutorial ini sangat cocok bagi kalian yang masih bingung dengan apa itu subdomain dengan artikel ini kami akan membuat langkah-langkah menambahkan subdomain melalui cPanel, berikut cara-cara nya.

Pengertian Subdomain

Subdomain adalah domain yang merupakan bagian dari domain yang lebih besar. Itu dibuat sebagai subdirektori dalam direktori domain utama dan digunakan untuk mengatur konten dalam domain utama.

Misalnya, jika domain utama adalah hostidn.com, subdomain dapat berupa my.hostidn.com atau blog.hostidn.com. Subdomain ini dapat digunakan untuk membuat area situs web berbeda yang terpisah dari situs utama, tetapi masih dapat diakses melalui domain utama yang sama.

Subdomain sering digunakan untuk memisahkan konten berdasarkan bahasa, wilayah, atau topik. Mereka juga dapat digunakan untuk menghosting berbagai jenis konten, seperti blog atau toko online, dalam domain utama yang sama.

Subdomain dibuat dan dikelola melalui catatan sistem nama domain (DNS) untuk domain utama. Mereka dapat dibuat dan dikonfigurasi melalui pengelola DNS dari domain utama, atau melalui penyedia hosting untuk situs web. Untuk memiliki subdomains, anda cukup membuatnya dalam cPanel secara manual mudah dan gratis. Tanpa membayar biaya domain lagi.

Apa saja Yang Dibutuhkan Membuat Subdomain

  • Memiliki akses ke cPanel di akun hosting Anda
  • Login ke cPanel anda
  • Klik menu subdomain

Proses Pembuatan Subdomain

Dalam proses pembuatan subdomain hanya membutuhkan 3 tahap,silahkan bisa di cermati atau dipelajari proses pembuatan subdomain karena di artikel ini sangat mudah di pahami dan kami juga menyediakan tutorial beserta gambar nya jika anda kebingungan.

1. Silahkan bisa login dahulu le cPanel anda

2. Silahkan cari menu subdomain pada kolom pencarian

3. Silahkan Create subdomain pada gambar di bawah ini

Di menu Subdomain, lihat bagian Buat Subdomain Baru. Pilih domain yang akan digunakan untuk dibuatkan subdomain, juga nama untuk subdomain

Silahkan bisa diisikan kolom yang diatas sesuai dengan nama subdomain dan nama domain yang diinginkan :

  1. Subdomain : Isi dengan nama subdomain yang ingin Anda gunakan. Pada bagian ini hanya ekstensi subdomain yang dimasukkan.
  2. Domain : Silahkan pilih domain yang ingin Anda tambahkan subdomain.
  3. Document Root : Folder dari subdomain. Folder ini dibuat dalam direktori public_html
  4. Setelah itu silahkan klik tombol Create, kemudian pastikan Anda akan melihat pesan success seperti pada gambar di bawah ini.

Mungkin sampai disini yang bisa kami sampaikan tutorial cara menambahkan subdomain di hosting anda dikarenakan keterbatasan pengetahuan semoga dapat membantu anda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *