nameserver

Info Cara Mengganti Name Server Pada Domain di HostIDN

Apa itu nameserver? Nameserver adalah suatu database atau server dan didalamnya terdapat domain name dan IP Address. Name Server (NS) ini pada umumnya mempunyai lebih dari satu server.

Misalnya NS1, NS2 dan seterusnya atau seringkali disebut dengan istilah Clustered DNSI Load Balancing DNS. DNS sendiri adalah singkatan dari Domain Name System.

Nah di HostIDN sendiri untuk mengganti Name Server pada Domain panel caranya cukup mudah, jadi silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Masuk ke domain manager HostIDN melalui panel atau member area (Jika lupa password klik link Lupa Kata Sandi? )

2. Setelah masuk ke domain manager pilih menu Domain Saya atau bisa mengklik kolom Domain seperti pada gambar dibawah ini.

3. Sekarang kamu Pilih dan klik nama domain yang akan kamu rubah name servernya. Kamu bisa klik icon diujung atau bisa mengklik disamping nya.

4. Pilih menu di sebelah kiri “Nameservers”, selanjutnya kamu bisa pilih Gunakan kustom Namserver dan isi sesuai Nameserver yang akan kamu rubah.

5. Disini mimin mencontohkan menggunakan nameserver Cloudflare ya, terakhir tinggal klik “Ubah Nameserver“.

Nah itu dia info mengenai gimana caranya merubah Name Server pada Domain di HostIDN. Cukup mudah ya. Oh ya biasanya ketika merubah nameserver ada namanya propagasi jadi cukup tunggu 1×24 jam masa propagasi berlangsung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *