WordPressImage

Perbedaan Dasar Antara WordPress.Com VS WordPress.org

Pada umumnya bagi setiap orang yang masih baru di dunia online, blogging dan website, pada awalnya akan merasa bingung ketika dihadapkan oleh perbedaan antara WordPress.org dan WordPress.com.

Jadi bila Anda masih pemula dan ngobrol dengan senior tentang cara membuat website, begitu Anda mendengar platform yang digunakannya adalah WordPress, maka anda akan menyimpulkan bahwa WordPress itu hanya ada satu. Nah mari kami jelaskan detailnya supaya tidak bingung.

Pada dasarnya WordPress tidak hanya ada satu, WordPress memiliki 2 jenis berikut diantara jenis dan kelebihannya:

1. On-Hosted (WordPress.com)

Ketika anda mendaftar di WordPress.com anda akan memiliki alamat url di belakang kata WordPress.com misalnya : webku.wordpress.com.

Dengan WordPress.com FREE, anda hanya akan mendapatkan url seperti di atas, yaitu di belakang domain WordPress.com dan untuk menjadikan menjadi domain anda sendiri, dikenakan biaya :

  1. WordPress Starter Rp 73000/bulan (Ruang penyimpanan 6GB)
  2. WordPress Pro Rp 176000/bulan (Ruang penyimpanan 50GB)

Catatan : Harga ini relatif ya, terkadang karena kebijakan WordPress kadang bisa berubah dan juga belum termasuk harga domain, theme dll.

Kelebihan : Bila Anda ingin menjadi Blogger yang tidak mau repot dan tidak peduli dengan url address (alamat url) dan tidak perlu maintenance, WordPress.com adalah pilihan yang cocok untuk Anda.

Kelemahan : Karena semuanya ready made dan semua orang tau Anda menggunakan blog gratis. Anda tidak dapat merubah-rubah plugin semau Anda, dan themes juga yang sudah disediakan saja, alhasil jadi tidak bisa di utak-atik alias modifikasi sesuai keinginan.

2. Self-Hosted (WordPress.Org)

Di sistem Self-Hosted ini sering digunakan oleh orang yang tidak puas dengan hal yang monoton dan kaku pada sebuah Website/Blog. Bila anda ingin membuat Website/Blog menggunakan WordPress.org Anda cukup membeli paket hosting dan domain saja. Bila ingin membelinya cukup order saja di :

HostIDN.com

Anda bisa memulai dengan harga yang sesuai kebutuhan Anda. Setelah order domain dan hosting. Selanjutnya Anda akan mendapatkan akses panel dan carilah Softaculous Auto Installer, disitu Anda bisa langsung menginstall Script dari WordPress.org dari installer tersebut, Anda tidak perlu capek-capek download dari situs resminya.

 Dengan menggunakan Self-hosted Wordpress.org, anda akan memiliki url dengan domain utama sesuai keinginan anda tanpa sub domain, sehingga nama url anda akan lebih bagus dan sesuai branding, karena merupakan domain utama dan anda sendiri yang pilih.

Kelebihan : Dengan WordPress.org anda bisa melakukan modifikasi, dan install plugin/ themes sesuka hati Anda disesuaikan dengan kebutuhan fitur website Anda. Anda juga bisa membeli themes premium di HostIDN.com atau tetap menggunakan themes gratisan, akan tetapi Anda melakukan custom sesuai keinginan Anda sendiri salah satunya menggunakan plugin builder dari Elementor Pro.

Self Hosted ini lebih dipilih customer yang ingin berkreasi membuat website/blog sesuai keinginan, memodifikasi dan mendesain serta Anda bebas berkreasi dengan website yang Anda miliki tersebut.

Kelemahan : Setiap ada kelebihan pasti ada kekurangannya, nah kelemahan dari self-hosted ini yaitu kita lebih repot sedikit, karena mesti install ini dan itu, namun kelemahan ini sangat sepele dan Anda akan dengan cepat mempelajarinya, asal serius untuk belajar.

Nah, sekarang apakah Anda sudah mengerti sekilas kan perbedaan antara WordPress.com dan WordPress.org? Yuk segera memulai membuat website menggunakan WordPress.org Anda bisa langsung order di HostIDN.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *