domaintips

Tips Memperpanjang Masa Aktif Domain Secara Tepat

Domain merupakan salah satu hal yang vital banget bila Anda menggunakannya untuk sebuah branding maupun untuk blog yang sudah memiliki trafik yang tinggi. Namun semua bisa dianggap negatif bila domain yang digunakan untuk usaha Anda ternyata expired (kadaluarsa) karena faktor lupa melakukan pembayaran.

Agar domain anda tidak keburu expired, ada beberapa tips kapan waktunya untuk memperpanjang masa aktif domain Anda agar tidak dipandang negatif oleh customer Anda, terkadang dengan masalah sepele ini alias domain expired biasanya membuat customer Anda menjadi takut untuk melakukan bisnis dengan Anda. Nah biar tidak terjadi hal-hal tersebut, berikut ini ada beberapa tips yang tepat untuk Anda ikuti:

1. Bayar 2 Minggu Sebelumnya 

Biasanya provider domain Anda akan mengirimkan invoice 15 hari sebelum masa domain expired, dan dilanjutkan 7 hari, lalu terakhir 3 hari sebelum expired. Nah jangan abaikan pemberitahuan ini, notifikasi seperti ini bersifat otomatis dari system billing provider domain. Sebisa mungkin bila Anda menerima pemberitahuan, untuk menghindari faktor LUPA, lakukan pembayaran pada saat itu juga.

2. Hindari Pembayaran Pada Sabtu/Minggu/Hari Libur 

Sangatlah umum di Indonesia, staff bekerja pada hari senin – jumat, jam 09.00 – 17.00 WIB. Ini kami sebutkan pada umumnya ya, lebih baik kami menjelaskan pada umumnya meskipun diluar sana banyak yg klaim 24 jam. Usahakan lakukan pembayaran pada hari dan jam kerja.

Kenapa demikian? karena pada saat itu juga mereka standby dalam posisinya di masing-masing divisi sehingga penanganan konfirmasi pembayaran Anda tentunya akan lebih cepat. Lebih gawatnya lagi, apabila domain Anda akan expired di hari libur, maka hindari lah, lebih baik antisipasi sebelumnya, perkirakan masa jatuh tempo domain Anda tersebut.

3. Jangan Emosi Ketika Bayar Pada Masa Expired

Larangan ini bersifat bukan berarti melarang membayar domain pada masa expirednya yah. Maksudnya disini adalah jangan memperpanjang domain Anda pada saat hari H expirednya,  Anda akan emosi sendiri, dan bila tidak di handle oleh provider dengan cepat, tentunya Anda juga akan emosi ke provider loh, padahal provider sudah mengingatkan Anda dengan mengirim email secara berkala.

Walaupun anda membayar pas expired, tidak perlu emosi, karena kesalahan ada pada diri Anda, lebih baik lakukan pembayaran jauh hari sebelumnya.

4. Setting Reminder Dengan Tools Lain

Selain anda mengandalkan email dari provider domain, lebih bijak juga bila Anda menyiapkan tools dari Anda sendiri, misalnya : Menyimpan dalam notepad smartphone Anda, daftar domain beserta expired date nya dan Menggunakan Google Calendar, sehingga akan mengingatkan Anda, waktu yang bisa di atur sendiri

Itulah beberapa tips dari kami bagaimana cara memperpanjang domain dengan tepat, bila Anda membutuhkan domain dan hosting untuk website/blog kalian silahkan langsung saja ya melakukan order di HostIDN.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.